Variabel, tipe data, konstanta
Untuk dapat menulis
program yang dapat membantu menjalankan tugas-tugas kita, kita harus mengenal
konsep dari variabel. Sebagai ilustrasi, ingat 2 buah angka, angka pertama
adalah 5 dan angka kedua adalah 2. Selanjutnya tambahkan 1 pada angka pertama
kemudian hasilnya dikurangi angka kedua (dimana hasil akhirnya adalah 4).
Seluruh proses ini dapat diekspresikan dalam C++ dengan
serangkaian instruksi sbb :
a
= 5;
b
= 2;
a
= a + 1;
result
= a - b;
Jelas ini merupakan satu contoh yang sangat sederhana
karena kita hanya menggunakan 2 nilai integer yang kecil, tetapi komputer dapat
menyimpan jutaan angka dalam waktu yang bersamaan dan dapat melakukan operasi
matematika yang rumit.
Karena itu, kita dapat
mendefinisikan variable sebagai bagian dari memory untuk menyimpan nilai yang
telah ditentukan. Setiap variable memerlukan identifier yang dapat membedakannya dari variable yang lain,
sebagai contoh dari kode diatas identifier variabelnya adalah a, b
dan result,
tetapi kita dapat membuat nama untuk variabel selama masih merupakan identifier
yang benar.
Identifiers
Identifier adalah
untaian satu atau lebih huruf, angka, atau garis bawah ( _
). Panjang dari identifier, tidak terbatas, walaupun untuk beberapa kompiler
hanya 32 karakter pertama saja yang dibaca sebagai identifier (sisanya
diabaikan). Identifier harus selalu diawali dengan huruf atau garis bawah ( _ ).
Ketentuan lainnya yang
harus diperhatikan dalam menentukan identifier adalah tidak boleh menggunakan key word dari bahasa C++. Diawah ini
adalah key word dalam C++ :
asm
|
auto
|
bool
|
break
|
case
|
catch
|
char
|
class
|
const
|
const_cast
|
continue
|
default
|
delete
|
do
|
double
|
dynamic_cast
|
else
|
enum
|
explicit
|
extern
|
false
|
float
|
for
|
friend
|
goto
|
if
|
inline
|
Int
|
long
|
mutable
|
namespace
|
new
|
operator
|
private
|
protected
|
public
|
register
|
reinterpret_cast
|
return
|
short
|
signed
|
sizeof
|
static
|
static_cast
|
struct
|
switch
|
template
|
this
|
throw
|
true
|
try
|
typedef
|
typeid
|
typename
|
union
|
unsigned
|
using
|
virtual
|
void
|
volatile
|
wchar_t
|
Sebagai tambahan, represetasi alternatif dari operator,
tidak dapat digunakan sebagai identifier. Contoh :
and, and_eq, bitand, bitor, compl, not, not_eq, or,
or_eq, xor, xor_eq
catatan: Bahasa C++ adalah bahasa yang "case sensitive", ini berarti
identifier yang dituliskan dengan huruf kapital akan dianggap berbeda dengan
identifier yang sama tetapi dituliskan dengan huruf kecil, sabagai contoh : variabel RESULT
tidak sama dengan variable result
ataupun variabel Result.
Tipe
Data
Tipe data yang ada pada
C++, berikut nilai kisaran yang dapat direpresentasikan :
DATA TYPES
Name
|
Bytes*
|
Description
|
Range*
|
char
|
1
|
character or integer 8
bits length.
|
signed: -128 to 127
unsigned: 0 to 255
|
short
|
2
|
integer 16 bits
length.
|
signed: -32768 to 32767
unsigned: 0 to 65535 |
long
|
4
|
integer 32 bits
length.
|
signed:-2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295 |
int
|
*
|
Integer. Its length
traditionally depends on the length of the system's Word type, thus in MSDOS it is 16 bits long, whereas in 32 bit systems
(like Windows 9x/2000/NT and systems that work under protected mode in x86
systems) it is 32 bits long (4 bytes).
|
See short, long
|
float
|
4
|
floating point number.
|
3.4e + / - 38 (7
digits)
|
double
|
8
|
double precision
floating point number.
|
1.7e + / - 308 (15
digits)
|
long double
|
10
|
long double precision
floating point number.
|
1.2e + / - 4932 (19
digits)
|
bool
|
1
|
Boolean value. It can
take one of two values: true or false NOTE: this is
a type recently added by the ANSI-C++ standard. Not all compilers support it.
Consult section bool type for
compatibility information.
|
true
or false
|
wchar_t
|
2
|
Wide character. It is
designed as a type to store international characters of a two-byte character
set. NOTE: this is a type recently added by the ANSI-C++ standard. Not all compilers
support it.
|
wide characters
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar